Senin, 09 April 2012

Informatics Social Responsibility 2012

Halo sob, akhirnya ngepost lagi nih. Hehehe.

Pada kesempatan kali ini saya akan sedikit ngepost tentang kegiatan anak-anak Informatika ITS yang dilakukan beberapa baru ini di Nganjuk Jawa Timur.

Nama kegiatannya yaitu social responcibility atau bisa juga disebut Pengmas atau pengabdian masyarakat. Ya, saya dan beberapa teman saya kemarin berkunjung kesana untuk take an action dengan beberapa kegiatan yang sekiranya dapat bermanfaat.

Yang pertama yaitu membuat telecentre. Tempatnya di Macanan, Nganjuk Jawa Timur. Disana kami membuat sebuah tempat yang di dalamnya terdapat beberapa komputer yang bisa dimanfaatkan sebagai sumber informasi di desa tersebut. Selain itu, kita juga membuat perpustakaan mini yang bukunya merupakan sumbangan dari teman-teman TC sendiri.

Selanjutnya, ada kunjungan ke beberapa sekolah yaitu, SDN Genjeng 1, Genjeng 2, Macanan 1, Macanan 4. yang notabene berada di tempat yang sulit untuk belajar komputer. Ya, mereka belum bisa menikmati komputer secara layak seperti yang sudah kita punya saat ini. Mereka masih sangat awam dengan komputer. Namun, mereka juga ternyata sangat antusias dengan kehadiran kita.










'


Tidak cuma itu, mereka juga praktek sendiri gimana sih pake laptop itu, mereka jadi bisa bagaiamana menghidupkan dan mematikan laptop, bagaimana cara menggunakan laptop dengan baik dan benar, dan beberapa program seperti word, excel,dan power point. 

Berikut hasil karya mereka :


Yak, mungkin apa yang kita lakukan belum apa-apa. Namun, satu ya bikin saya senang adalah, ketika melihat senyum optimis mereka, bagaimana sebuah harapan akan muncul di setiap goresan bibir dan perkataan mereka. Karena tidak bisa dipungkiri mereka jugalah yang akan menggantikan para pemimpin saat ini. 

Cheers :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Selamat berkomentar.